TEKS

WELCOME TO BLOG DUNIA PETERNAKAN DAN PERTANIAN - BERBAGI SESAMA SANGAT LAH INDAH

Selasa, 09 September 2014

Ternak Ayam kampung Secara Sehat

Bagi masyarakat Indonesia, ayam kampung sudah bukan hal asing. Sejak kecil kita setiap hari bisa melihatnya. Walau saat ini dikota-kota besar sudah jarang terlihat ayam kampung berkeliaran bebas, bukan berarti keberadaannya punah. Di pinggiran kota masih banyak orang memelihara ayam kampung. Baik dibudidayakan secara sungguh-sungguh maupun hanya sekedar peliharaan untuk memanfaatkan sisa-sisa makanan yang dibuang begitu saja. 
 
Ayam kampung mempunyai nilai gizi yang baik. Selain itu juga mempunyai rasa yang lebih khas dan nikmat dibanding dengan jenis ayam pedaging maupun petelur. Serat yang liat dan kenyal menjadi ciri utamanya. 

Ayam kampung mempunyai keistimewaan dibanding yang lain, diantaranya adalah ayam kampung lebih tahan terhadap penyakit. Tahan dan mudah menyesuaikan dengan cuaca di Indonesia. Makanannya mudah, bahkan bila dipelihara ala kadarnya cukup diberi makanan sisa-sisa dan dapat dilepas secara bebas. Namun demikian dibutuhkan pengetahuan yang memadai bagi kita yang ingin beternak ayam kampung baik dalam sistem pemeliharaan, pembuatan kandang, pemberian pakan maupun merawat kesehatan  agar ayam dapat berkembang secara sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar